Inovasi Pendidikan

MAKALAH

DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN

Tentang

INOVASI PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

Oleh:

Zetria Engli Novia     408 594

Zatil Husni                 408 617

Hadijah                      408 620

Darma wilis                406 209

Serli ramadani          406 288

Adriana                      406 372

Gusmardi                   408 669

Dosen Pemimbing:

 

Sermal Pohan S.Ag M.Pd

 

JURUSAN TADRIS IPS

FAKULTAS TARBIYAH

INSTITUTE AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)

IMAM BONJOL PADANG

1431 H / 2011 M

BAB I

PENDAHULUAN

 

Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan. Karna tanpa pendidikan seseoranag tidak akan bisa melakukan sesautu dan tidak akan bisa berkembang. Jika kita lihat pada saat sekarang ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat mempengaruhu berbagai aspek kehidupan baik itu aspek social, politik, ekonomi dan kebudayaan bangsa.

Namun fakta menunjukakan system pendidikan yang kita miliki dan  kita laksanakan selama ini belum mampu mengikuti kemajuan-kemajuan tersebut. Untuk menyeimbangkan hal itu perlulah kita laksanakn inovasi (pembaharuan) pendidikan.

Dalam makalah ini kami akan menguraikan lebih lanjut tentang apa itu inovasi pendidikan, dan pentingnya inovasi pendidikan. Yang akan dibahas pada bab berikutnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II
PEMBAHASAN
INOVASI PENDIDIKAN

 

  1. A.    Pentingya Inovasi dalam Pendidikan

Inovasi Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KUBI) Inovaasi diartikan pemasukan atau pengenalan hal – hal yang baru.

Sedangkan pengertian inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif ,berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja di usahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu dalam pendidikank

Inovasi pendidikan sangatlah penting karna besar dan komplekknya permasalahan pendidikan kita sekarang, apalagi pada masa mendatang.

Karena jika kita lihat pada zaman sekarang ini kemajuan-kemajuan ilmu dan teknologi semakin pesat.untuk mengatasi hal itu maka diperlukanlah inovasi pendidikan untuk mengejar ketertinggalan supaya pendidikan kita makin berjalan sejajar. Dengan kemajuan-kemajuan tersebut. Hal lain yang menyebabkan adanya inovasi adalah manusia itu dituntut untuk selalu aktif, kreatif, dan trampil memecahkan masalah.dan selalu dituntut untukmeningkatkan mutu yang dirasakan makin menurunya mutu tersebut pada saat sekarang ini. Dari hal tersebut dapat kita ambil tujuan dari inovasi tersebut.

Tujuan inovasi pendidikan adalah berusaha meningkatkan kemampuan, yakni kemampuan dari sumber-sumber, tenaga, uang, sarana dan prasarana, struktur dan prosedur organisasi.

 

 

 

 

 

 

  1. B.     Aspek-aspek Inovasi Pendidikan

Aspek-Aspek Inovasi pendidikanPermasalahan yang menuntut adanya inovasi ini adalah

  1. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Adanya perkembangan ilmu pengetahuan tidak bisa dipungkiri mengakibatkan kemajuan teknologi yang mempengaruhi kehidupan social, ekonomi, politik, pendidikan dan kebudayaan . dengan perkembangan ilmu pengetahuan modern menghendaki dasar-dasar pendidikan yang kokoh dan pengusaan kemampuan yang terus-menerus.

  1. Pertambahan penduduk

Pertambahan penduduk yang cukup pesat menambah adanya pembaharuan sekaligus bertambahnya keinginan masyarakat untuk mendapoatkan pendidikan yang secara kualitatif yang menuntut tersedianyan sarana pendidikan yang memadai.

  1. Meningkatnya animo mansyarakat untuk memperoleh pendidikan lebih baik

Munculnya gerakan inovasi pendidikan berkaiatan erat dengan adanya berbagai tantangan danpersoalan yang dihadapi dunia pendidikan dewasa ini. Salah satunya adalah kemajuan iptek. Dengan kemajuan iptek ini mempengaruhi aspirasi masyarakat. Pada umumnya mereka mendambakan pendidikan yang lebih baik. Padahal disatu sisi kesempatan untuk itu sangat terbatas sehingga terjadilah kompetensi atau persaingan yang sangat ketat.

  1. Menurunnya kualitas pendidikan

Kualitas pendidikan yang dirasakan makin menurun dan belum mampu mengikuti perkembangan teknologi. Ini menuntut adanya sejumlah perubahan. Bila tidak demikian jelas akan berakibat fatal dan akan terus ketinggalan.

  1. Kurang adanya relevansi antara pendidikan dan kebutuhan masyarakat yang sedang meembangun

Dalam era modern sekarang masyrakat menuntut adanya lembaga pendidikan yang benasr-benar mampu diharapkan, terutama yang siap pakai dengan dibekali skill yang diperlukan dalam pembangunan.

  1. Belum mekarnya alat organisasi yang efektif serta belum tumbuhnya suasana yang subur dalam masyarakat untuk mengadakan perubahan-perubahan yang dituntut oleh keadaan sekarang dan akan datang.

Kenyataan seperti disebabkan masih minimnya pengetahuan dan wawasan masyrakat untuk membangun dirinya pada kemajuan-kemajuan.

 

  1. C.    Cara Inovasi Pendidikan
    1. Cara pemerataan dan peningkatan kualitas melalui:
      1. Meningkatkan kemampuan tenaga pengajar lewat pendataran-pendataran
      2. Memperkaya pengalaman dan memperlancarkan proses belajar anak didik

Memantapkan nilai,sikap, keterampilan,dan kesadaran lingkungan pada anak didik.

  1. Cara memperluas pelayanan pendidikan (kuantitas),yaitu melalui:
    1. Memberikan latihan keterampilan bagi mereka yang tidak pernah sekolah
    2. Penyebaran pesan-pesan yang merangsang kegiatan belajar dan partisipasi ikut membangun
    3. Penyebaran informasi untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan
    4. Usaha memberikan pengalaman pendidikan yang ssesuai dengan kebutuhan dan aspirasi yang berkembang dan rialisasi
    5. Dengan cara meningkatkan keserasian pendidikan dengan pembangunan yaitu dengan,
      1. Menanamkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang fungsional untuk kehidupan di masyarakat
      2. Membentuk kempaun untuk memehami dan memecahkan persoalan yang actual dalam masyarakat
      3. Menunjukkan jalan untuk mengembangkan keterampilan hidup di masyarakat
      4. Dengan cara meningkatkan efektifitas dan efesiensi system penyajian, meliputi:
        1. Member kebebasab belajar sesuai dengan minat, kemampuan, dan kebutuhan kearah perkembangan yang opt imal
        2. Memberikan pengalaman yang bulat agar anak didik dapat berdiri sendiri dan menerima tanggung jawab
        3. Mengintegrasikan berbagai pengalaman kegiatan pendidikan
        4. Mangusahakan isi, metode, dan bentuk pendidikan tepat guna, tepat saat, menarik dan mengesankan
        5. Dengan cara melancarkan sistem informasi kebijakan, yaitu dengan:
          1. Mengusahakan tersedianya saluran komunikasai dua arah yang cepat, kontiniu dan dapat diandalkan
          2. Mengusakah adanya komunikasi terbuka demi control dan partisipasi soal
          3. Mengusahakan ada komunikasi langsung dan merata

 

 

 

 


 

BAB III

PENUTUP

 

  1. A.    Kesimpulan                     

Inovasi pendidikan adalah suatu perubahan yang baru dan bersifat kualitatif ,berbeda dari hal yang ada sebelumnya serta sengaja di usahakan untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka pencapaian tujuan tertentu dalam pendidikan. Inovasi pendidikan sangatlah penting karna besar dan komplekknya permasalahan pendidikan kita sekarang, apalagi pada masa mendatang.

Karena jika kita lihat pada zaman sekarang ini kemajuan-kemajuan ilmu dan teknologi semakin pesat.untuk mengatasi hal itu maka diperlukanlah inovasi pendidikan untuk mengejar ketertinggalan supaya pendidikan kita makin berjalan sejajar.

 

  1. B.     Saran

Dalam pembuatan makalah ini, pemakalah menyadari bahwa pemakalah tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, karna tidak sempurnanya ilmu yang pemakalah miliki. Untuk itu pemakalah mohon kritikan dan saran Dari pembaca terutama bapak dosen yang bersangkutan , demi kelengkapan makalah penulis pada masa yang akan datang. Atas kritikan dan saran pemakalah ucapkan banyak- banyak terima kasih.

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006

 

Ihsan Fuad, Dasar-Dasar Pendidikan , Jakarta: Rineke Cipta 1997

 

 

Tinggalkan komentar