Harga gambir ajlok

Anjloknya harga gambir akhir-akhir ini membuat masyarakat petani gambir resah. harga gambir pada tgl 01 juni 2011 mencapai pada level terendah yakni 8.000,- per kg.

harga gambir  pada biasanya berkisaran antara 25-30 ribu rupiah. harga gambir ini hari ke hari terus menurun di karenakan pemerintah india melarang masyarakatnya mengkonsumsi permen yang terbuat dari gambir, sehingga pabrik pengolahan gambir disana terancam ambruk. hingga saat sekarang ini saya mendapat informasi dari kenagarian sialang, kec. kapur IX atau masyarakat 50 kota. harga gambir  cuma 8.000,- per kg. kalau begini, makan apa nanti masyarakat..???

Harga yang sangat rendah ini sangat berdampak besar terhadap petani gambir masyarakat kapur IX dan 50 kota  pada umumnya. karena daerah-daerah yang memproduksi gambir terbesar adalah masyarakat 5o kota, dan sebahagian lain di pesisir (sumtera barat). harga yang sama sekali tidak relevan ini membuat para petani  gambir mengeluh, yang mana para petani gambir sudah tidak sanggup lagi menggaji pekerja gambir mereka, sehingga banyak sekarang masyarat penghasil gambir meninggalkan begitu saja ladang-ladangnya yang merupakan penghasilan utama mereka.

Dengan situasi yang sulit ini jelas sangat berpengaruh terhadap perekonomian dan  pendidikan dari pada masyarakat tersebut. mereka tidak sanggup lagi membiyai pendidikan anak-anak mereka terutama yang berada di perguruan tinggi. hal itu disebabkan biaya yang dibutuhkan lebih besar dari pada pendapatan yang ada saat ini.

Kami berharap, terutama saya penulis agar pemerintah daerah menanggulangi permasalahan gambir ini dan melakukan tidakan sesegera mungkin supaya tidak terjadi penganguran bagi para perkerja gambir dan putus pendidikan bagi para pelajar dan mahasiswa. saya cuma bisa berharap dan berdoa kepada Allah agar perekonomian masyarakat kami kembali membaik. Amin…

Komentar
  1. Hendriansyah mengatakan:

    saya jga berap seprti itu, karena orang tua ku ekonomi nya dari gambir, maga aja harga gambir mencapai separti dahulu,yaitu saant harga nya 30 ribu/kg amin…………………………………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s